Home » » MAILING LIST

MAILING LIST

Pengertian Mailing List
  Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.  
Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers.
Pengertian lain milis yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email  yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Konsep Mailing List
Sebuah mailing list mempunyai moderator yang akan meninjau dan menentukan apakah mail dapat dikirim ke setiap orang yang ada didaftar. Sehingga diskusi tetap terfokus. Sebagai moderator daftar mailnya ada yang manusia dan ada juga yang berupa software komputer yang mengijinkan seseorang berlangganan (subscribe) atau mencabut langganan secara otomatis (unsubscribe). Namun banyak juga daftar mailing list yang tanpa moderator, dan hal itu adalah lumrah. Terdapat dua jenis mailing list dasar yang besar: mailing list Internet dan mailing list jaringan Bitnet (Because Its Time Network). Semua mailing list Bitnet kegiatan administrasinya diotomasi oleh software komputer yang disebut LISTSERV singkatan dari list server (server daftar), yang akan mengatur secara otomatis untuk berlangganan ataupun berhenti berlangganan pada mailing list-nya.
Alamat milis pada dasarnya hanyalah sebuah fasilitator dalam forum diskusi, karena di dalam alamat milis terdapat data-data yang menampung alamat e-mail masing-masing anggota milis, sehingga jika ada satu topik diskusi yang akan dibicarakan, maka topik tersebut oleh administrator milis secara otomatis akan dikirimkan ke alamat e-mail setiap anggotanya. Kelompok diskusi milis ini banyak



sekali jumlahnya, dan secara garis besar dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori:

1.    Berdasarkan topic
Topik mailing list beraneka ragam tergantung pada profesi atau keseragaman yang dimiliki oleh anggotanya, dan biasanya jenis ini terbuka untuk umum sehingga seorang peminat diskusi dapat mendaftarkan dirinya sendiri secara langsung.
2.    Berdasarkan komunitas kelompok tertentu
biasanya milis jenis ini bersifat tertutup dan hanya terbuka bagi anggotanya saja. Misalnya milis yang dimiliki oleh suatu partai atau organisasi atau yang keanggotaannya atau untuk berlangganannya melalui suatu cara tertentu, seperti membayar uang langganan (profit) atau cara-cara lainnya.
Berlangganan (subscribe) ke suatu milis pada umumnya harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh moderatornya, dan jika tidak, maka Anda akan dicoret dari daftar anggota dan akan dimasukan kedalam daftar tidak berlangganan (unsubscribe). Selain itu ber-milis ria di Internet mempunyai etika-etika yang harus kita patuhi untuk kenyaman kita bersama, yang disebut dengan Etika Mailing List.
Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana. Seorang pengguna cukup mengirimkan e-mail ke salah satu alamat email untuk kemudian disebarkan ke semua anggota mailing list yang tergabung atau berlangganan ke alamat email tersebut. Dalam hal ini, jika suatu milis dibuat di Yahoo!groups maka semua prosedur, teknis administrasi dan perjanjian mengikuti apa yang berlaku di Yahoo! Groups.
Selain untuk diskusi, milis juga dapat digunakan untuk sharing foto dan file. Singkat kata, milis merupakan cara paling mudah bagi suatu komunitas untuk saling berkomunikasi di internet dan sekarang ini terkenal sebagai komunitas maya
Web Penyedia Layanan Mailing List
Dewasa ini banyak web penyedia layanan e-mail dan milist secara gratis (tanpa bayar) dengan proses registrasi yang sangat mudah, kita ambil contoh google.com dan yahoo.com adalah dua situs besar penyedia layanan e-mail dan milis secara gratis.
Beberapa orang yang mempunyai minat yang sama tentang suatu hal dapat bergabung di sebuah miling list, dengan ketentuan yang telah dibuat tentunya. Berikut beberapa contoh miling list yang ada :
escaevabookclub@yahoo.groups.com
Miling list untuk mereka yang hobi dengan dunia tulis menulis, penerbitan, bedah buku dan sebagainya
ilmukomputer@yahoo.groups.com
Miling list yang membahas tentang permasalahan dan informasi komputer
assunnah@yahoo.groups.com
Miling list yang membahas tentang permasalahan dan diskusi agama islam
Dan seterusnya    Dan seterusnya
Bagi pemula atau seseorang yang ingin bergabung disuatu milist dapat mencari group milist melalui web browser, dengan catatan telah memiliki  ID dari salah satu web berowser. misalnya Yahoo atau google ID


JENIS KEANGGOTAAN MILIST
Jenis keanggotaan dalam suatu milis di Yahoo! Groups atau disebut membership level memiliki hak yang berbeda-beda yaitu:
1.    Owner, Pemilik suatu milis, merupakan anggota yang membuat suatu milis. Owner otomatis merangkap sebagai moderator. Owner memiliki control yang lengkap pada suatu milis, termasuk untuk menghapus milis. Meskipun ada beberapa keuntungan untuk memiliki lebih dari satu owner, dan perlu dicatat bahwa anggota yang ditunjuk untuk menjadi owner akan memiliki hak-hak yang sama seperti owner yang pertama, termasuk menghapus milis atau menghapus anggota, bahkan menghapus owner yang pertama!
Untuk menjadi owner suatu milis, tidak harus mempunyai /menggunakan email di yahoo.com. Pada daftar anggota milis, tanda bintang (asterisk) berwarna biru menandakan bahwa anggota yang bersangkutan adalah owner, sedangkan asterisk kuning mengindikasikan keanggotaan sebagai moderator.
2.    Moderator Anggota yang dapat meng ubah aturan delivery dan posting untuk tiap anggota milis. Hak-hak moderator adalah :
Message: menyetujui,mengedit,atau menghapus pesan.
Membership : menyetujui, mengundang menambah, menghapus, atau mem-ban anggota.
Moderators : menambahkan, menghapus, atau mengubah hak moderator.
Group : mengubah aturan yang ada untuk group(auto-delivered file settings).
Delete the group: moderator dengan hak ini dapat dengan permanent menghapus milis
3.    co-moderator, Anggota ini memiliki jenis keanggotaan moderator dan diberikan hak-hak(previlege)tertent u untuk membantu tugas moderator
4.    regular subscription, Anggota biasa
KEUNTUNGAN MILIST   
Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari miling list diantaranya adalah sebagai berikut:
1.    Efektif dan efisien untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus terutama anggota dengan isi berita yang sama misalnya agenda pertemuan, promosi produk, undangan penikahan dan sebagainya.
2.    Fleksibel karena email dapat dikirim, diterima, atau dibaca kapan saja dan dimana saja.
3.    Sebagai ajang diskusi terhadap orang-orang yang mempunyai minat yang sama.
4.    Untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik, misalnya untuk memantau informasi harga produk dari suatu perusahaan.
5.    Mengirim dan Menerima kartu ucapan.





Newsgroup adalah kelompok diskusi maya di internet. Newsgroup disalurkan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi warta.
Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakan Newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan sambungan internet ke peladen warta (news server) terdekat.

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”.Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah.Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com.Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com.
Langkah-lagkahnya sebagai berikut :
1. Kita buka program intertnet explorer/Mozila Firefox
2. Kita membuka mail.yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik “Sign Up”
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan ” I Agree”
8. Klik “Submit”
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahooMelalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.
Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :
1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose terdapat “CC” yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik SendBeberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list.
5 Email Client Terbaik untuk Linux, Windows dan Mac OS
Linux datang dengan berbagai klien email berbasis GUI untuk tetap berhubungan dengan teman,.... dan berbagi informasi dalam newsgroup dengan pengguna lain. Perangkat lunak berikut ini mirip dengan Outlook Express atau Windows Live Mail dan digunakan oleh pengguna di rumah dan kantor.
Email client sangat populer di lingkungan perusahaan besar, usaha kecil, rumah dan power user. Sebuah e-mail client (juga mail user agent (MUA)) adalah sebuah antarmuka program komputer digunakan untuk mengelola e-mail. Mail dapat disimpan pada klien, pada sisi server, atau di kedua tempat. Standar format untuk kotak surat termasuk Maildir dan mbox.
Berikut ini adalah lima email client yang banyak digunakan.
1: Mozilla Thunderbird
Ini adalah email client dari Mozilla Foundation. Thunderbird dapat mengelola beberapa e-mail, newsgroup dan RSS dan mendukung banyak identitas di dalam account. Fitur seperti pencarian cepat, pencarian tersimpan folder, pesan lanjutan penyaringan, pesan pengelompokan, dan label membantu mengelola dan menemukan pesan. Sama seperti Firefox, email client ini membuatnya sangat aman dan fleksibel untuk untuk meningkatkan produktivitas Anda.
2: Claws Mail
Claws Mail adalah mail client gratisan, GTK +-based. Claws Mail sangat ringan digunakan untuk pengguna laptop. Seperti Firefox, berbagai macam plug-in untuk klien email ini membuatnya sangat fleksibel dan aman. Claws Mail berjalan pada Windows, Mac OS X dan sistem Unix seperti Linux, BSD, dan Solaris.
3: Spicebird
Spicebird merupakan kolaborasi terintegrasi yang menyediakan akses ke email, kontak, kalender dan pesan instan dalam satu aplikasi. Menyediakan akses yang mudah ke berbagai layanan web sementara tetap mempertahankan semua kelebihan dari aplikasi desktop. Hal ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Synovel India. Ini adalah gratis, open source dan lintas-platform perangkat lunak.
4: Zimbra Collaboration Suite (Open Source Version)
Zimbra adalah klien dan server platform untuk olahpesan dan kolaborasi. Mengintegrasikan klien web email, kontak, berbagi kalender, VoIP, dan pembuatan dokumen online di kaya antarmuka berbasis browser. Ini lebih seperti MS-Exchange dan Outlook combo. Dengan kata lain kompatibel dengan milik klien seperti Microsoft Outlook dan Apple Mail, baik melalui kepemilikan konektor, serta open-source Novell Evolution, sehingga email, kontak, dan kalender dapat disetarakan dari ZCS ini ke server . Zimbra juga menyediakan dua arah sync ke banyak perangkat mobile seperti Nokia Eseries, BlackBerry, Windows Mobile, iPhone dengan perangkat lunak 2,0.
5: Sylpheed
Sylpheed adalah gratis, GTK +-based, open source klien email dan berita. Sylpheed berjalan pada Windows, Mac OS X dan sistem Unix-like seperti Linux, dan BSD.

Review Mengenai Email
Posted on January 14th, 2010 by Blackinformatics
Semoga artikel ini tidak membuat bosan para pembaca yang memang sudah lama malang melintang di alam maya, karena tulisan ini memang untuk mereka yang benar-benar baru di dunia internet.
Banyak dari anda tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Email, baik itu fungsi email, cara penggunaan email, web penyedia Emaildan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan Email. Namun tentunya tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum mengetahuinya, ini terbukti dengan banyaknya pengguna internet yang masih mencari informasi melalui Search engine atau mesin pencari dengan kata kunci “cara membuat Email” ataupun kata kunci lainnya yang masih berhubungan dengan email. Oleh karena itu, sebelum menginjak kepada hal-hal yang lebih rumit semisalmembuat blog atau website serta tentang pemrograman, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan email.
Apa yang di maksud dengan email?
Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau jika dalam bahasa indonesia adalah Surat Elektronik, Seperti layaknya surat biasa pada umumnya, email berfungsi untuk mengirim serta menerima surat atau pesan kepada orang lain. Perbedaan antara surat biasa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa data digital yang di kirimkan melalui internet.
Pentingkah mempunyai Email?
Untuk era digital seperti saat sekarang ini, dan jika anda sering melakukan aktivitas maya,  memiliki sebuah email adalah penting bahkan harus. Banyak aktivitas maya yang mengharuskan anda memiliki sebuah email atau alamat email, ambil contoh untuk mendaftar  ke layanan blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com, daftar ke situs jejaring semisal facebook, hi5, friendster, membeli domain atau hosting, semuanya mengharuskan anda mengisi alamat email yang masih aktif.
Selain itu saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan kebijakan dalam hal penerimaan karyawan, para pelamar pekerjaan di haruskan mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan mereka melalui email. Jadi tidak ada alasan lagi untuk anda tidak memiliki alamat Email.
Apa kelebihan Email di banding dengan surat biasa?
Banyak sekali kelebihan email di banding dengan surat biasa, salah satu yang paling menonjol adalah proses pengiriman pesan super cepat yang hanya memerlukan waktu beberapa menit atau bahkan beberapa detik saja untuk sampai di tempat tujuan walaupun jarak antara pengirim pesan dengan penerima pesan sangat jauh. Berbeda kota, provinsi atau bahkan berbeda negara sekalipun bukan suatu halangan.
Gratiskah atau harus membayar untuk memiliki Email?
Untuk memiliki sebuah alamat email ada yang berbayar ada pula yang gratis. Banyak perusahaan-perusahaan besar memiliki alamat khusus untuk karyawan-karyawan mereka dan mereka mengeluarkan biaya untuk itu semua. Adapun jika anda membeli sebuah paket hosting pada sebuah web hosting, biasanya hosting tersebut tidak hanya untuk website namun jadi satu paket untuk layanan email yang sesuai dengan nama domain website tersebut, misalkan nama website anda adalah Namadomainmu.com maka anda bisa membuat alamat email khusus dari doamin tersebut, misalkan admin@namadomainmu.com atau karyawan1@namadomainmu.com,karyawan2@namadomainmu.com dan nama-nama email lainnnya yang bisa anda buat sendiri.
Pilihan kedua adalah menggunakan jasa email gratis. Saat ini banyak sekali web-web penyedia email gratis baik didalam negeri ataupun luar negeri, berikut beberapa contoh web penyedia email gratis :
•    Yahoo.com
•    Google.com
•    Hotmail.com
•    Plasa.com
Mana yang anda pilih? Tentunya sesuai dengan kebutuhan.
Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :
WebMail
WebMail adalah situs atau website penyedia email yang utamanya untuk diakses melalui browser internet. Beberapa webmail yang yang menyediakan fasilitas gratis adalah :
•    Yahoo.com
•    Google.com
•    Hotmail.com
•    Plasa.com
Email Adress / Alamat Email
Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email :
aing_tea24@yahoo.com
aing_tea24@gmail.com
Inbox / Kotak masuk
Inbox / Kotak masuk adalah tempat untuk pesan-pesan email yang masuk. Semua pesan email yang masuk ke email anda terlebih dahulu akan masuk ke kotak ini atau lebih sering disebut dengan folder  inbox.
Outbox / Kotak keluar
Outbox / Kotak keluar adalah tempat atau folder pesan email keluar yang kita kirimkan ke email orang lain. Dengan adanya folder ini, maka anda dapat melihat catatan email apa saja yang pernah anda kirimkan.
CC dan BCC
CC (Carbon copy), Bcc (Blind Carbon Copy) adalah sama  halnya dengan surat tembusan. Hal ini sering dilakukan apabila penerima surat lebih dari satu penerima email, atau dimaksudkan ada pihak yang mengetahui bahwa anda telah mengirimkan suatu pesan email. Misal seperti ini :
Anda di tugaskan oleh atasan anda untuk mengirimkan suatu pesan email ke suatu perusahaan atau instansi, dan atasan andapun meminta agar diapun di kirim pesan email tersebut, maka alamat email tujuan anda adalah email perusahaan yang di maksud serta alamat email atasan anda di masukkan ke kolom CC atau Bcc. Hal seperti ini banyak di maksudkan bahwa anda telah mengirimkan pesan dan atasan andapun mengetahuinya.
Spam Email / Email Spam
Spam Email atau Email Spam adalah pesan email yang bersifat menyalahi aturan dan biasanya berisi iklan ataupun yang lainnya sehingga mengakibatkan ketidak nyamanan pengguna email. Spam Email biasanya dikirim dalam jumlah yang banyak atau secara terus-menerus sehingga akan memenuhi inbox penerima email. Selain itu Spam Email seringkali menggunakan software pengirim otomatis sehingga pesan yang dikirimkan bisa dalam jumlah yang banyak dan terus menerus. Banyak dari penyedia email membuat sistem untuk menangkal terhadap adanya email spam.
Email Client
Email Client adalah tool atau software untuk mempermudah dalam mengatur atau mengelola email secara offline (tidak terhubung koneksi internet). Dengan adanya software Email Client, pesan email yang ada pada server email didownload terlebih dahulu ke dalam komputer anda dan setelah semua email di download, pesan email tersebut bisa anda kelola secara offline kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.
Contoh software email client :
•    Microsoft Outlook
•    Thunder bird
•    Windows Live mail
•    Dan lain lain.
Ada juga browser internet yang sudah langsung terintegrasi dengan layanan Email client, contoh web browser tersebut adalah browser internet opera.
Artikel mengenai email dicukupkan sekian dan mudah-mudahan ada guna dan manfaat yang bisa di ambil.
Pengertian Chatting
Chatting
 adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK INTERNET kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.


Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.

• Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.

• Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.

• Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.

• Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.

• Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.

• Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.

• Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.

• Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.

• Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.

• Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.

• Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.

Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.

• Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.

• Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.

• Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.

• Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.

• Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.

• Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

• Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.

Voice Over IP

1.    VOIP
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui mediainternet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

2.    Protokol
Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
    H.323
    Media Gateway Control Protocol (MGCP)
    Session Initiation Protocol (SIP)
    Real-time Transport Protocol (RTP)
    Session Description Protocol (SDP)
    Inter-Asterisk eXchange (IAX)

Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.
Sebuah implementasi milik penting adalah protokol Skype, yang sebagian didasarkan pada prinsip-prinsip peer-to-peer (P2P) jaringan.

3.    Perbandingan dengan jaringan suara konvensional

Pada jaringan suara konvesional pesawat telepon langsung terhubung dengan PABX (Privat Automated Branch exchange) atau jika milik TELKOM terhubung langsung dengan STO (Sentral telepon Otomat) terdekat. Dalam STO ini ada daftar nomor-nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai dengan daerah cakupannya. Jika dari pesawat telepon tersebut mau menghubungi rekan yang lain maka tuts pesawat telepon yang ditekan akan menginformasikan lokasi yang dituju melalui nada-nada DTMF, kemudian jaringan akan secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut.
Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain.
Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama untuk dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Jika kedua lokasi terhubung dengan jarak yang cukup jauh (antar kota, antar negara) maka bisa dilihat keuntungan dari segi biaya. Kedua pihak hanya cukup membayar biaya pulsa internet saja, yang biasanya akan lebih murah daripada biaya pulsa telepon sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) atau internasional (SLI).
Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
Khusus untuk VoIP bentuk primitif dari jaringan adalah PC ke PC. Dengan memakai PC yang ada soundcardnya dan terhubung dengan jaringan maka sudah bisa dilakukan kegiatan VoIP . Perkembangan berikutnya adalah pengabungan jaringan PABX dengan jaringan VoIP. Disini dibutuhkan VoIP gateway. Gambarannya adalah lawan bicara menggunakan komputer untuk menghubungi sebuah office yang mempunyai VoIP gateway. Pengembangan lebih jauh dari konfigurasi ini berbentuk penggabungan PABX antara dua lokasi dengan menggunakan jaringan VoIP. Tidak terlalu dipedulin bentuk jaringan selama memakai protocol TCP/IP maka kedua lokasi bisa saling berhubungan. Yang paling komplek adalah bentuk jaringan yang menggunakan semua kemungkinan yang ada dengan berbagai macam bentuk jaringan yang tersedia. Dibutuhkan sedikit tambahan keahlian untuk bentuk jaringan yang komplek seperti itu.
Pada awalnya bentuk jaringan adalah tertutup antar lokasi untuk penggunaan sendiri (Interm, Privat). Bentuk jaringan VoIP kemudian berkembang lebih komplek. Untuk penggunaan antar cabang pada komunikasi internal, VoIP digunakan sebagai penyambung antar PABX. Perkembangan selanjutnya adalah gabungan PABX tersebut tidak lagi menggunakan jaringan tertutup tetapi telah memakai internet sebagai bentuk komunikasi antara kantor tersebut. Tingkat lebih lanjut adalah penggabungan antar jaringan. Dengan segala perkembangannya maka saat ini telah dibuat tingkatan (hirarky) dari jaringan Voip.
3.1    Aplikasi VoIP dan Keamanannya
Salah satu aplikasi VoIP yang tersedia adalah Skype. Skype adalah ''software'' aplikasi komunikasi suara berbasis IP melalui internet antara sesama pengguna Skype. Pada saat menggunakan Skype maka pengguna Skype yang sedang online akan mencari pengguna Skype lainnya lalu mulai membangun jaringan untuk menemukan pengguna-pengguna lainnya. Skype memiliki berbagai macam fitur yang dapat memudahkan penggunanya. Skype juga dilengkapi dengan SkypeOut dan SkypeIn yang memungkinkan pengguna Skype untuk berhubungan dengan pengguna telepon konvensional dan telepon genggam.
Skype menggunakan protokol HTTP untuk berkomunikasi dengan Skype server untuk otentikasi username/password dan registrasi dengan Skype directory server. Versi modifikasi dari protokol HTTP digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama Skype client. Keuntungan yang dimiliki aplikasi ini adalah tersedianya layanan keamanan dalam pentransmisian data yang berupa suara. Layanan keamanan yang diberikan adalah sebagai berikut :
Privacy
Skype menggunakan AES (Advanced Encryption Standard) 256-bit untuk proses enkripsi dengan total probabilitas percobaan kunci (brute-force attack) sebanyak 1,1 x E-77 kali, sedangkan untuk proses pertukaran kunci (key exchange) simetriknya menggunakan RSA 1024-bit. Public key pengguna akan disertifikasi oleh Skype server pada saat login dengan menggunakan sertifikat RSA 1536 atau 2048-bit. Skype secara otomatis akan mengenkripsi semua data sebelum ditransmisikan melalui internet.
Authentication
Setiap pengguna Skype memiliki sebuah username dan sebuah password. Dan setiap username memiliki sebuah alamat e-mail yang teregistrasi. Untuk masuk ke sistem Skype , pengguna harus menyertakan pasangan username dan passwordnya. Jika pengguna lupa password tersebut maka Skype akan mengubahnya dan mengirimkan password yang baru ke alamat e-mail pengguna yang sudah teregistrasi. Pendekatan ini dikenal dengan E-mail Based Identification and Authentication. Dikarenakan Skype merupakan sistem komunikasi suara maka setiap penggunanya dapat secara langsung mengidentifikasi lawan bicaranya melalui suaranya.

3.2    Keuntungan VoIP
•    Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
•    Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
•    Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
•    Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa
•    Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
•    Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset

3.3    Kelemahan dari VoIP
•    Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
•    Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
•    Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
•    Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
•    Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
•    Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
•    Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
•    Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
•    Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

3.4    Komunitas VoIP
Komunitas pengguna / pengembang VoIP di masyarakat, berkembang di tahun 2000. Komunitas awal pengguna / pengembang VoIP adalah “VoIP Merdeka”.”VoIP Merdeka” (VM) dicetuskan oleh Onno W. Purbo. Teknologi yang digunakan oleh "VoIP Merdeka" (VM) adalah H.323 yang merupakan teknologi awal VoIP. Sentral VoIP Merdeka di hosting di Indonesia Internet Exchange (IIX) atas dukungan beberapa ISP dan Asossiasi Penyelenggara Jaringan Internet (APJII). Kode area "VoIP Merdeka" pada saat itu secara aklamasi di tentukan menjadi 6288, tentunya tanpa memperoleh restu dari pemerintah.
Pada tahun 2005, Anton Raharja dkk dari ICT Center Jakarta mulai mengembangkan VoIP jenis baru berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Teknologi SIP merupakan teknologi pengganti H.323 yang sulit menembus proxy server. Pada tahun 2006, infrastruktur VoIP SIP di kenal sebagai VoIP Rakyat.

3.5    Kualitas Suara
Kualitas suara VoIP dipengaruhi oleh beberapa parameter yaitu kapasitas bandwidth, tingkat hilang paket dan waktu tunda yang terjadi di dalam jaringan. Kapasitas bandwidth adalah ketersediaan sumber daya jaringan dalam bentuk lebar pita yang digunakan untuk mentransmisikan data paket. Tingkat hilang paket adalah parameter yang menyatakan besarnya laju kesalahan yang terjadi sepanjang jalur pengiriman data paket dari pengirim ke penerima. Waktu tunda adalah parameter yang menyatakan rentang waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket dari pengirim ke penerima.

3.6    Kesimpulan
Dengan segala potensi yang ada terutama sekali biaya yang relatif murah untuk percakapan jarak jauh, VoIP sangat berpotensi dikembangkan. Paradigma bahwa PSTN adalah inti dari jaringan suara harus diubah bahwa telepon analog biasa adalah bagian dari IP Telephony, yang mengakibatkan perkembangan IPTelePhony akan jauh berkembang dengan pesat dibandingkan telepon analog biasa.
Memanfaatkan idle bandwidth. Jika perusahaan sudah mempunyai jaringan antar cabang VoIP dapat digunakan tanpa menambah biaya jaringan. Tergantung dari system yang mau dipakai, jika hanya antar PC maka tidak ada investasi tambahan untuk membuat jaringan VoIP. Investasi tambahan yang akan muncul jika jaringan VoIP ini digabung dengan PABX.
Perkembangan VoIP akan makin berkembang menjadi IP Telephony, suatu bentuk komunikasi multimedia. Sebagai Alternatif penggunaan telepon, dengan makin maraknya penggunaan VoIP Merdeka Dari 200 ke 1.300 pengguna dalam 1 bulan pertama. Saat ini 3.000 s.d. 4.000 panggilan dalam sehari. Lebih murah, misalkan biaya internet - TelkomNet Instan +/- Rp 10.000/jam, 2 pihak Rp 20.000/jam. Biaya SLJJ Zone 3 (>500km) termurah Rp 505/menit Rp 30.300/jam.











INSTAN MESSAGING
Pesan instan (bahasa Inggris: Instant messaging) adalah sebuah teknologi Internet yang memungkinkan para pengguna dalam jaringan internet untuk mengirimkan pesan-pesan singkat secara langsung pada saat yang bersamaan (real time) dengan menggunakan teks kepada pengguna lainnya yang sedang terhubung ke jaringan yang sama.
Konsep yang digunakan oleh teknologi ini muncul pada awal-awal pengembangan sistem operasi UNIX dan jaringan Internet; para pengguna yang sudah masuk log dapat mengirimkan perintah berupa <code>talk</code>, write, dan finger untuk melihat siapa saja yang sudah masuk log dan akhirnya mengirimkan pesan singkat kepada mereka.
Istilan pesan instan (instant messaging) saat ini pada umumnya mengacu kepada sebuah teknologi yang dipopulerkan oleh America Online (AOL), yang kemudian diikuti oleh Yahoo! (Yahoo! Messenger), Google, dan Microsoft (Windows Live Messenger)dan perusahaan-perusahaan lainnya.
Fungsi antar muka
Fungsi antar muka yang terdapat dalam Instant Messaging adalah :
    Instant messages : Untuk mengirim pesan kepada teman yang sedang online pada saat yang bersamaan.
    Chat : Untuk menciptakan chat room dengan teman atau rekan kerja sehingga pembicaraan dapat berlangsung.
    Web links : Untuk berbagi link mengenai website favorit.
    Video : Untuk mengirim serta menyaksikan video dan melakukan chatting secara face to face dengan teman
    Images : Untuk melihat gambar yang ada teman anda miliki.
    Files : Untuk berbagi file dengan mengirimkan file tersebut langsung kepada teman.
    Talk : Berfungsi agar pengguna bisa benar-benar berbicara dengan teman mereka, layaknya telepon.
    Mobile capabilities : untuk mengirimkan instant message melalui handphone.
Sejarah Instant Messaging
Perkembangan Instant Messaging diawali ketika mulai maraknya orang menggunakan teknologi secara online pada awal tahun 1990 ketika orang - orang mulai meluangkan banyak waktu untuk mengakses Internet.
Para pengembang piranti lunak menciptakan sebuah software chat room, dimana suatu grup atau perorangan dapat melihat serta mengirimkan pesan kepada sertiap orang yang ada pada “room” tersebut. Penyedia jasa online Quantum Link menawarkan fitur untuk dapat saling berkirim pesan dengan sesama pengguna komputer yang sedang online. Penerapan Instant messaging ini memiliki dasar yang tidak jauh berbeda, yaitu sebuah chat room yang ditujukan untuk dua orang.
Instant Messaging ini mulai meledak di Internet pada November 1996, yaitu ketika Mirabilis memperkenalkan ICQ yang merupakan sebuah Instant Messaging yang dapat dipergunakan secara gratis bagi setiap orang. Pada tahun 1997, AOL menjadi pioneer dalam komunitas online. Hal ini dikarenakan AOL memberikan kemampuan bagi pengguna untuk dapat melakukan komunikasi dalam waktu yang sama dalam sebuah chat room dan instant messaging. Model ICQ inilah yang kemudian menjadi dasar yang penting dalam penggunaan Instant Messaging yang beredar sekarang ini.
Dewasa ini, perkembangan IM telah mengalami kemajuan yang amat pesat. Penggunaan IM yang awalnya hanya dapat diakses oleh para penggunanya melalui komputer, sekarang ini telah dapat diakses melalui telepon genggam. Dengan kemampuan yang dimiliki telepon genggam untuk mengakses internet, maka para pengguna IM dapat mengakses dunia maya kapan saja dan dimana saja.
Di Indonesia sendiri, pengguna IM cukup banyak. Umumnya mayoritas pengguna berasal dari kaum pelajar dan mahasiswa. Menjamurnya piranti lunak seperti mig33, eBuddy, dan lain-lain memungkinkan telepon genggam untuk ber’IM’ ria, membuat para penggemar IM semakin dimanja. Provider telepon genggam seperti telkomsel pun telah memberikan fitur kepada para pelanggan mereka untuk ber’IM’. Selain itu ada juga layanan SMS premium seperti chat n’ date, yang iklannya cukup sering beredar di televisi. IM pada chat n’ date berbeda dengan IM lainnya, karena ia berbasis teknologi SMS. Tidak seperti IM lain, yang berbasis koneksi internet.
[sunting]Penggunaan Instant Messaging
Penggunaan Instant Messaging ini dapat dilakukan melalui langkah – langkah berikut ini:
1.    Jika computer anda belum memiliki piranti lunak IM, maka anda harus mengunduh piranti lunak IM dulu.
2.    Setelah piranti lunak berhasil diunduh, anda harus meng’install’nya.
3.    Setelah piranti lunak IM ada di komputer anda, bukalah piranti tersebut.
4.    Begitu anda terhubung dengan server, anda dapat mengetik nama dan password. Jika ini pertama kalinya anda terhubung, anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk memperoleh account, yang dapat digunakan sebagai langkah awal anda menggunakan fasilitas ini. Ketika server memelakukan verifikasi terhadap nama dan password anda, maka anda sudah tercatat sebagai member/ pengguna fasilitas ini.
5.    Setelah itu, komputer anda secara otomatis akan mengirimkan data kepada server berisi informasi koneksi yang ada pada komputer yang anda gunakan ( berupa IP address dan number of port).
6.    Lalu server akan membuat file secara temporary yang akan mengkoneksikan informasi untuk anda dan list contatct yang anda miliki. Lalu akan dilakukan penyingkronisasian dengan para pengguna yang ada dalam contact list anda, dan akan menandai para pengguna yang sedang online.
7.    Kemudian anda dapat meng’klik nama orang yang sedang online tersebut, dan sebuah halaman akan terbuka sehingga anda dapat menuliskan pesan. Dan anda dapat memulai percakapan.
8.    Ketika percakapan anda telah selesai, anda dapat menutup halaman percakapan anda. Dan anda dapat mengakhiri koneksi serta keluar dari aplikasi tersebut. Pada saat yang bersamaan, account anda mengirimkan pesan pada server untuk mengakhiri sesi anda. Server akan mengirimkan pesan kepada setiap rekan anda, bahwa anda telah ada dalam kondisi logged off. Sehingga para pengguna IM yang sedang online dan berada di contact list anda, mengetahui anda telah tidak terhubung lagi. Dapat juga disebut offline.
Seiring dengan peningkatan kebutuhan para pengguna, IM terus mengalami inovasi dari tahun ke tahun. Pada umumnya setiap piranti lunak IM memungkinkan para penggunanya untuk berbagi file. Selain itu AOL, Yahoo!, Google dan MSN telah menyatukan jasa IM yang mereka sediakan dengan jasa e-mail. Jadi sembari menggunakan piranti lunak IM, para pengguna juga dapat memperoleh pemberitahuan apabila ada e-mail yang masuk.Pada umumnya, sejumlah piranti lunak IM memungkinkan para penggunanya untuk saling berbicara layaknya telepon maupun melakukan konferensi menggunakan video. Selain itu para pengguna juga dapat mempersonalisasi halaman mereka, sesuai dengan keinginan mereka.
Masa depan IM akan sangat bersinar. Sejumlah fitur yang sudah dijelaskan akan selalu diperbarui. Para penyedia jasa IM juga akan membuat jasa yang mereka sediakan menjadi semakin ramah pengguna. Dengan IM, kita dapat berkomunikasi kapan saja, dan dimana saja!


Disusun Oleh:
  1. Anies Putri L (12/332142/DPA/00858)
  2. Aprilia Kartika (12/332446/DPA/01161)
  3. Dea Ayu Andini Putri (12/332151/DPA/00867)
  4. Putriana Kusumaningrum (12/340450/DPA/02657)
  5. Shinta Kusuma W (12/328152/DPA/00329)
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

2 komentar:

Unknown mengatakan...

peta konsep mailling itu bagaimana ??

Unknown mengatakan...

peta konsep mailling itu bagaimana ??

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KOMSI C-Class - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger