Apa itu OSP?
Sebuah
penyedia layanan online dapat misalnya menjadi penyedia
layanan internet , penyedia email, penyedia
berita (press), penyedia hiburan (musik, film), pencarian, e-situs
belanja (toko online), e-keuangan atau e-banking situs, e-health
situs, e-government situs. Wikipedia,Dalam
pengertian aslinya lebih terbatas itu disebut hanya untuk layanan
komunikasi komputer komersial yang dibayar anggota bisa memanggil
melalui komputer modem komputer pribadi selular jaringan dan akses
berbagai layanan dan sumber daya informasi seperti papan
buletin , download
file
dan program
, artikel
berita , chat
room , dan surat
elektronik layanan. The "layanan
online" Istilah ini juga digunakan dalam referensi untuk ini
dial-up layanan. Yang tradisional dial-up layanan online berbeda dari
yang modern penyedia
layanan Internet dalam bahwa mereka
memberikan tingkat besar konten yang hanya dapat diakses oleh mereka
yang berlangganan ke layanan online, sementara sebagian besar ISP
berfungsi untuk memberikan akses ke internet
dan umumnya menyediakan sedikit jika ada konten eksklusif sendiri. Di
AS, Pelanggaran
Hak Cipta Kewajiban Batasan online Act
(Ocilla) bagian dari US
Digital
Millennium Copyright Act telah memperluas
definisi hukum layanan online dalam dua cara yang berbeda untuk
bagian yang berbeda dari hukum. Ini menyatakan dalam bagian 512 (k)
,(A) Sebagaimana digunakan dalam ayat (a), "penyedia layanan"
berarti suatu entitas yang menawarkan transmisi, routing, atau
menyediakan koneksi untuk komunikasi digital secara online, antara
atau di antara titik-titik yang ditentukan oleh pengguna, bahan
memilih pengguna , tanpa modifikasi dengan isi materi sebagai dikirim
atau diterima.
(B) Sebagaimana digunakan dalam bagian ini, selain ayat (a), "penyedia layanan" berarti penyedia layanan online atau akses jaringan, atau operator dari fasilitas Oleh karena itu, dan termasuk sebuah entitas dijelaskan dalam sub ayat (A). Definisi yang luas memungkinkan untuk sejumlah besar bisnis web untuk mendapatkan keuntungan dari Ocilla tersebut
(B) Sebagaimana digunakan dalam bagian ini, selain ayat (a), "penyedia layanan" berarti penyedia layanan online atau akses jaringan, atau operator dari fasilitas Oleh karena itu, dan termasuk sebuah entitas dijelaskan dalam sub ayat (A). Definisi yang luas memungkinkan untuk sejumlah besar bisnis web untuk mendapatkan keuntungan dari Ocilla tersebut
Sejarah OSP
Layanan
online pertama komersial pergi tinggal pada tahun 1979. CompuServe
(dimiliki pada 1980-an dan 90-an oleh H & R Block) dan The
Sumber
(untuk waktu yang dimiliki oleh The Reader 's Digest) dianggap
sebagai layanan online pertama besar diciptakan untuk melayani pasar
komputer pribadi pengguna. Memanfaatkan antarmuka berbasis teks dan
menu, layanan ini memungkinkan siapa pun dengan modem dan perangkat
lunak komunikasi untuk menggunakan email, chatting, berita, informasi
keuangan dan saham, papan buletin, kelompok minat khusus (SIG),
forum, dan informasi umum. Pelanggan bisa bertukar email hanya dengan
pelanggan lain dari layanan yang sama. (Untuk sementara waktu layanan
yang disebut DASnet membawa surat antara layanan online beberapa, dan
CompuServe, MCI
Mail
, dan layanan lainnya bereksperimen dengan protokol X.400 untuk
bertukar email sampai Internet diberikan tersebut ketinggalan zaman.)
Lainnya
berbasis teks layanan online diikuti seperti Delphi
layanan online
, Genie
dan Mail MCI. Tahun 1980-an juga melihat munculnya Papan Buletin
Komputer independen, atau BBSes. (Harap diperhatikan bahwa layanan
online tidak BBSes Sebuah layanan online mungkin berisi sebuah papan
buletin elektronik,. Tetapi istilah "BBS" dicadangkan untuk
dialup independen, mikrokomputer berbasis layanan yang biasanya
single-user sistem.)
Layanan komersial yang
digunakan sudah ada packet-switched (X.25) komunikasi data jaringan,
atau jaringan sendiri layanan '(seperti CompuServe). Dalam kedua
kasus, pengguna keluar ke jalur akses lokal dan terhubung ke
pusat-pusat komputer remote di mana informasi dan layanan berada.
Seperti layanan telepon, pelanggan dibayar oleh menit, dengan tingkat
sehari-waktu dan malam / akhir pekan yang terpisah.
Seperti
penggunaan komputer yang didukung warna dan grafis, seperti yang
Atari
800
, Commodore
64 ,
Texas
Instruments TI-99/4A
, yang seri
Apple II
dan awal kompatibel
PC IBM
, peningkatan, layanan online secara bertahap dikembangkan dibingkai
atau menampilkan informasi sebagian grafis. Layanan awal seperti
CompuServe menambahkan semakin canggih grafis berbasis perangkat
lunak front end untuk menyajikan informasi mereka, meskipun mereka
terus menawarkan akses berbasis teks bagi mereka yang membutuhkan
atau disukai itu. Pada awal 1990-an layanan berbasis grafis online
seperti PlayNET
, Prodigy
, MSN
, dan link
Quantum
dikembangkan. (Quantum Link, alias "Q-Link," sebenarnya
didasarkan pada Commodore-satunya software Playnet.) Q-Link, yang
layanan untuk komputer Commodore saja, dikembangkan AppleLink,
PC-Link (berdasarkan DeskMate Tandy), dan Promenade ( untuk IBM),
yang semuanya (termasuk Q-Link) kemudian digabungkan sebagai America
OnLine
.
Ini
layanan online presaged browser web yang akan mengubah kehidupan
online global 10 tahun kemudian. Sebelum Tautan Quantum, komputer
Apple telah mengembangkan layanan sendiri, yang disebut AppleLink
, yang sebagian besar jaringan dukungan yang ditujukan pada dealer
Apple dan pengembang. Kemudian, Apple menawarkan singkat eWorld
, ditargetkan pada konsumen Mac dan didasarkan pada versi Mac dari
perangkat lunak America Online.
Dimulai pada tahun
1992, Internet, yang sebelumnya telah terbatas pada pemerintah,
akademisi, dan pengaturan penelitian perusahaan, dibuka untuk entitas
komersial. Layanan online pertama yang menawarkan akses internet
adalah DELPHI, yang telah mengembangkan TCP / IP akses jauh lebih
awal, sehubungan dengan sebuah kelompok lingkungan hidup bahwa akses
internet rated
Ledakan
popularitas World
Wide Web
pada tahun 1994 mempercepat perkembangan internet sebagai sumber
informasi dan komunikasi bagi konsumen dan bisnis. Ketersediaan
mendadak rendah tidak ada biaya-email dan penampilan bebas independen
situs
web
memecahkan model bisnis yang telah mendukung bangkitnya industri jasa
awal online.
CompuServe,
BIX, AOL, DELPHI, dan Prodigy secara bertahap menambahkan akses ke
Internet e-mail, Usenet
newsgroup
, ftp, dan situs web. Pada saat yang sama, mereka pindah dari
penggunaan berbasis penagihan untuk langganan bulanan. Demikian pula,
perusahaan yang membayar untuk memiliki informasi mereka AOL tuan
rumah atau toko online awal mulai mengembangkan situs web mereka
sendiri, menempatkan stres lebih lanjut tentang ekonomi industri
online. Hanya layanan terbesar seperti AOL (yang kemudian diakuisisi
CompuServe, seperti CompuServe diperoleh Sumber) mampu membuat
transisi ke dunia internet-sentris.
Sebuah
kelas baru penyedia layanan online muncul untuk menyediakan akses ke
Internet, penyedia
layanan internet
atau ISP. Penyedia layanan Internet-hanya seperti UUNET
, The
Pipeline
, Panix
, Netcom
, Dunia
, EarthLink
, dan MindSpring
tidak memberikan konten mereka sendiri, berkonsentrasi pada upaya
membuat mudah bagi pengguna non-teknis untuk menginstal berbagai
perangkat lunak yang diperlukan untuk "online" sebelum
konsumen sistem operasi datang internet-enabled keluar dari kotak.
Berbeda dengan tingkat multitiered layanan online 'per-menit atau per
jam, banyak ISP yang ditawarkan rata-fee, rencana akses tak terbatas.
Penyedia pertama menawarkan akses melalui telepon dan modem, seperti
melakukan online awal penyedia jasa. Hari ini ISP independen sebagian
besar telah digantikan oleh kecepatan tinggi dan akses broadband
melalui perusahaan kabel dan telepon, serta akses nirkabel.
Pentingnya
industri layanan online adalah penting dalam "membuka jalan"
untuk superhighway
informasi
. Ketika Mosaic dan Netscape yang dirilis pada tahun 1994, mereka
memiliki penonton siap lebih dari 10 juta orang yang mampu
men-download browser web pertama mereka melalui layanan online.
Meskipun ISP cepat mulai menawarkan paket perangkat lunak dengan
setup untuk pelanggan mereka, ini periode singkat memberikan banyak
pengguna pengalaman online pertama mereka.
Dua
layanan online pada khususnya, Prodigy, dan AOL, sering bingung
dengan internet, atau asal-usul internet. Chief Technical Officer
Prodigy mengatakan pada tahun 1999: "Sebelas tahun yang lalu,
internet
hanya sebuah mimpi yang tidak berwujud Prodigy dibawa ke kehidupan
Sekarang itu adalah kekuatan yang harus diperhitungkan.. "
Meskipun pernyataan itu, layanan tidak menyediakan tulang punggung
untuk Internet, juga tidak baik memulai Internet.
Antarmuka layanan online
Layanan
online dimanfaatkan antarmuka berbasis teks sederhana di mana
sebagian besar konten teks saja dan pengguna membuat pilihan melalui
command prompt. Hal ini memungkinkan hampir semua komputer dengan
modem dan terminal program komunikasi kemampuan untuk mengakses
layanan berbasis teks secara online. Compuserve nantinya akan
menawarkan, dengan munculnya Apple Macintosh dan MS Windows berbasis
PC, sebuah antarmuka GUI program untuk layanan mereka. Ini
menyediakan antarmuka GUI yang sangat sederhana. Compuserve terus
menawarkan akses teks hanya untuk mereka yang membutuhkannya. Layanan
online seperti Prodigy dan AOL mengembangkan layanan online mereka
sekitar GUI
dan dengan demikian tidak seperti awal software CompuServe yang
berbasis GUI, layanan online menyediakan antarmuka GUI lebih kuat.
Awal GUI antarmuka berbasis layanan online yang ditawarkan sedikit di
jalan dari grafis rinci seperti foto atau gambar. Sebagian besar
mereka terbatas pada ikon sederhana dan tombol dan teks. Sebagai
kecepatan modem meningkat menjadi lebih layak untuk menawarkan gambar
dan grafis lain yang lebih rumit untuk pengguna sehingga memberikan
tampilan yang lebih baik untuk layanan mereka (John Java).
Sumber daya yang disediakan oleh layanan online
Beberapa
sumber daya dan jasa layanan online telah menyediakan akses untuk
memasukkan papan pesan, layanan chatting, surat elektronik, arsip
file, berita dan cuaca saat ini, ensiklopedia online, pemesanan
penerbangan, dan game online. Penyedia layanan online utama seperti
CompuServe
juga menjabat sebagai cara untuk produsen software dan hardware untuk
memberikan dukungan online untuk produk mereka melalui forum dan
daerah download file dalam jaringan penyedia layanan online. Sebelum
munculnya web, dukungan tersebut harus dilakukan baik melalui layanan
online atau swasta papan
sistem Bulletin
dijalankan oleh perusahaan dan diakses melalui saluran telepon
langsung.
Tanggung Jawab
Tergantung
pada yurisdiksi mungkin ada aturan membebaskan seorang OSP dari
tanggung jawab atas konten yang disediakan oleh pengguna, tetapi
dengan pemberitahuan dan
mencatat
(NTD) kewajiban untuk menghapus konten tidak dapat diterima secepat
itu adalah melihat.
1) Di Internet, OSP (penyedia layanan online) memiliki
beberapa arti yang berbeda.
- Istilah ini memiliki beberapa mata uang di Internet membedakan akses penyedia s yang memiliki konten independen mereka sendiri secara online, seperti America Online (AOL), dari penyedia layanan internet ( ISP s) yang hanya menghubungkan pengguna langsung dengan internet. Secara umum, perusahaan kadang-kadang diidentifikasi sebagai OSPs (dalam penggunaan ini) menawarkan array online yang luas dari layanan mereka sendiri terpisah dari sisa Internet dan kadang-kadang versi mereka sendiri dari Web Browser . Menghubungkan ke Internet melalui OSP adalah sebuah alternatif untuk menghubungkan melalui salah satu penyedia layanan Internet nasional, seperti AT & T atau MCI, atau ISP regional atau lokal.
- Beberapa penyedia layanan internet (ISP) menggambarkan diri mereka sebagai penyedia layanan online. Dalam penggunaan ini, ISP dan OSP adalah sinonim.
- America Online telah menggunakan istilah untuk merujuk ke penyedia konten online (situs web biasanya) dengan AOL yang memiliki perjanjian bisnis.
2) Beberapa perusahaan menggunakan OSP dalam
menggambarkan diri mereka sebagaipenyedia layanan kantor.
Contoh penyedia layanan online
|
Internet/penyedia
layanan online (Negara)
|
Pemilik
|
Situs
Web
|
Pelanggan
|
Catatan
|
|
1 |
AOL (USA) |
NYSE: AOL |
www.aol.com |
20'500
|
Dec-99 |
Termasuk Compuserve. |
2 |
T-Online (Jerman) |
Deutsche Telekom |
www.t-online.de |
4'151
|
Dec-99 |
|
3 |
Nifty-Serve (Jepang) |
Fujitsu |
www.nifty.com |
3'500
|
Oct-99 |
|
4 |
EarthLink (USA) |
NASDAQ: ELNK |
www.earthlink.com |
3'122
|
Dec-99 |
Digabung dengan MindSpring Februari 2000. |
5 |
Biglobe (Jepang) |
NEC |
www.biglobe.ne.jp |
2'720
|
Oct-99 |
|
6 |
MSN (USA) |
Microsoft |
www.msn.com |
2'700
|
Dec-99 |
|
7 |
Chollian (Korea (Rep)) |
Dacom |
www.chollian.net |
2'000
|
Oct-99 |
|
8 |
Tin.it (Italia) |
Telecom Italia |
www.tin.it |
1'990
|
Dec-99 |
Termasuk pelanggan bebas |
9 |
Freeserve (Inggris) |
Dixons |
www.freeserve.com |
1'575
|
Nov-99 |
Gratis ISP. Pengguna
aktif. |
10 |
AT & T WorldNet (USA) |
AT & T |
www.att.net |
1'500
|
Dec-99 |
Residential pelanggan |
11 |
Prodigy (USA) |
NASDAQ: PRGY |
www.prodigy.com |
1'502
|
Dec-99 |
|
12 |
NetZero (USA) |
NASDAQ: NZRO |
www.netzero.com |
1'450
|
Dec-99 |
Gratis ISP. Pengguna
aktif. |
13 |
Terra Networks (Spanyol) |
Telefónica |
www.terra.es |
1'317
|
Dec-99 |
|
14 |
Hinet (Taiwan-Cina) |
Chungwa Telecom |
www.hinet.net |
1'200
|
Jun-99 |
|
15 |
Wanadoo (France) |
France Telecom |
www.wanadoo.fr |
1'124
|
Dec-99 |
|
16 |
AltaVista |
CMGI, Compaq |
www.microav.com |
750
|
Dec-99 |
Gratis ISP. Pengguna
aktif. |
17 |
Freei (USA) |
Milik swasta |
www.freei.com |
750
|
Dec-99 |
Gratis ISP. Pengguna
aktif. |
18 |
SBC Layanan Internet |
SBC |
www.sbc.com |
720
|
Dec-99 |
|
19 |
Telia Internet (Swedia) |
Telia |
www.telia.se |
613
|
Dec-99 |
|
20 |
Netvigator (Hongkong SAR) |
Hongkong Telecom |
www.netvigator.com |
561
|
Mar-00 |
|
|
Top 20 |
|
|
53'745
|
|
|
Catatan: Angka
yang dicetak miring adalah perkiraan. 1
/ Mengacu pada pemilik perusahaan jika anak, jika tidak menunjukkan
simbol saham dan pertukaran di mana ia diperdagangkan.
Sumber: ITU
memperkirakan didasarkan pada laporan perusahaan. ©
ITU, 2000.
Tabel ini tidak boleh direproduksi tanpa izin tertulis dari ITU.
Tabel ini tidak boleh direproduksi tanpa izin tertulis dari ITU.
0 komentar:
Posting Komentar